6 Cara Ini Dirasa Tepat Untuk Mengatasi Rasa Cemas & Khawatir Kamu Yang Berlebihan

0
6 Cara Ini Dirasa Tepat Untuk Mengatasi Rasa Cemas & Khawatir Kamu Yang Berlebihan
Image via pexels.com

Cerko.id – Setiap orang tentu pernah mengalami situasi di mana kamu merasakan kecemasan dan khawatir yang berlebihan dan tentunya itu pasti membuat kamu tidak nyaman bukan Friends.

Jika dibiarkan terus menerus bisa membuat kamu nambah stress & merasa tertekan lho Friends, bahkan bisa berdampak pada terhambatnya proses kemajuan hidupmu untuk meraih kesuksesan .

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar perasaan cemas dan khawatir itu tidak terus berlarut-larut. Kali ini Cerko.id ingin sedikit berbagi tips untuk kamu agar bisa mengatasi semua rasa takut, cemas dan khawatir, berikut uraiannya :

1. Kenali terlebih dahulu penyebab dari rasa takut dan cemas kamu

Sebelum masuk ketahap mengatasi dari setiap rasa takut dan cemas kamu, alangkah lebih baik untuk kamu kenali terlebih dahulu apa yang kamu takuti dan cemaskan.

Hal tersebut dirasa penting karena nantinya kamu bisa menentukan penanganan seperti apa & cara mengatasinya. Jika sudah kamu ketahui hal apa yang kamu takutkan dan cemaskan saatnya untuk kamu atasi.

2. Yakinkan pada diri kamu bahwa kamu bisa mengatasi setiap dari rasa takut & cemas itu sendiri

Setelah kamu mengetahui dan mengenali apa yang menjadi penyebab dari rasa takut dan cemas itu dari diri kamu. Sekarang yakinkan pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa mengatasinya dan bisa untuk melakukannya.

Percayalah Friends setiap dari diri kita tentu memiliki kekurangan dan kelebihan. Kamu tentu merasa khawatir dan cemas akan kekurangan yang ada pada dirimu, tapi perlu kamu ingat bahwa kamu masih memiliki kelebihan yang ada pada diri kamu.

3. Cobalah untuk mengalihkan pikiran negatif kamu ke hal-hal menyenangkan

6 Cara Ini Dirasa Tepat Untuk Mengatasi Rasa Cemas & Khawatir Kamu Yang Berlebihan
Image via pexels.com

Terkadang kamu sendiri juga terlalu berlebihan dalam menanggapi perasaan tidak enak. Kamu bahkan terlalu yakin akan setiap perasaan negatif tersebut bisa memicu terjadinya masalah.

Sebaiknya buang pikiran negatif tersebut Friends, karena semakin kamu memikirkannya, justru masalah itu bisa hadir dari pikiran kamu sendiri. Jadi alihkan pikiran yang bisa membuat kamu merasa khawatir dan cemas ke hal-hal yang menyenangkan.

3. Anggap setiap masalah sebagai drama yang pasti akan berlalu

Bukan berarti kamu harus menjadi seorang yang drama queen ya Friends. Tapi anggap lah setiap dari rasa cemas dan khawatir itu sebagai sebuah drama di dalam pikiran kamu.

Nikmati setiap cerita yang selalu hadir dalam pikiranmu, bahkan kalau pun perlu kamu bisa menganggap diri kamu sedang terlibat didalamnya dan percaya semua itu pasti akan berlalu.

4. Fokus untuk menyelesaikan masalah

6 Cara Ini Dirasa Tepat Untuk Mengatasi Rasa Cemas & Khawatir Kamu Yang Berlebihan
Image via pexels.com

Jika kamu sedang dihadapkan dalam suatu masalah apapun itu, coba untuk tetap dalam tenang dan fokus untuk menyelesaikannya. Analisa masalah tersebut lalu temukan solusi yang tepat. Setiap masalah tentu ada solusi Friends, so buat kamu jangan khawatir dan terlalu cemas ya jika dihadapkan dalam suatu masalah.

5. Bermeditasi

6 Cara Ini Dirasa Tepat Untuk Mengatasi Rasa Cemas & Khawatir Kamu Yang Berlebihan
Image via pexels.com

Walaupun ini metode yang biasa, tapi dirasa sangat tepat lho Friends untuk mengatasi rasa cemas dan khawatir kamu. Dengan cara tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan.

Buang setiap kepanikan kamu dan gunakan logika kamu untuk mengatasi kekhawatiran itu. Karena jika kamu panik bisa membuat kamu berpikir terlalu jauh, jadi tenangkan diri terlebih dahulu agar solusinya bisa kamu dapatkan.

6. Kuasai setiap rasa cemas dan khawatir kamu

Ketika kamu merasa cemas dan khawatir akan sesuatu hal, tentu hal yang kamu akan alami adalah sulit tidur, denyut nadi yang semakin kencang, bahkan bisa sampai menyebabkan kamu putus asa.

Jangan biarkan perasaan-perasaan seperti itu menguasai dan mengambil alih hidup kamu lho Friends. Pikirkan bahwa setiap masalah yang datang kepada kamu akan bisa kamu selesaikan dan berlalu. Itu bisa membantu kamu untuk mengatasi rasa cemas dan khawatir kamu.

Demikian uraian mengenai cara yang tepat untuk mengatasi rasa khawatir dan cemas kamu. Semua rasa khawatir dan cemas kamu perlu dikendalikan Friends. Semua rasa itu bisa menyebakan ketidakproduktifan pada diri kamu nantinya. Sekian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve − 5 =