Lakukan 4 Hal Ini Untuk Memaknai Hari Sumpah Pemuda!

0
sumpah pemuda
Images via sumsel.tribunnews.com

Cerko.id – Selamat hari sumpah pemuda bagi generasi muda Indonesia, hari ini tepat tanggal 28 Oktober adalah hari yang bersejarah untuk para pemuda di Indonesia.

Mengenang sejarah pada tahun 1928 tanggal 27 sampai 28 Oktober, berlangsung Kongres Pemuda Indonesia II di Batavia (sekarang di kenal dengan Jakarta).

Kongres tersebut kemudian melahirkan sebuah sumpah yang saat ini kita kenal sebagai sumpah pemuda.

Dimana sumpah pemuda tersebut memiliki makna bagi para pemuda pemudi Indonesia untuk mencintai tanah air, satu kebangsaan, dan menjunjung tinggi Bahasa Indonesia.

Sejak saat itu setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Sebagai pemuda pemudi Indonesia tentunya kita harus merasa terpanggil dan memaknai hari sumpah pemuda ini dengan menanamkan dan melakukan hal-hal berikut ini:

1. Bertoleransi

sumpah pemuda
Images via ecr.co.za

Indonesia merupakan Negara yang memiliki keragaman suku, budaya, agama, serta bahasa.

Sebagai Negara yang memiliki banyak perbedaan bukan berarti tidak bisa hidup rukun dan damai.

Seperti semboyan Negara kita yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Indonesia dapat hidup damai dan rukun.

Kuncinya adalah toleransi, sebagai generasi muda sudah seharusnya kita menjunjung tinggi toleransi untuk menjaga persatuan Republik Indonesia.

Menghormati setiap perbedaan, bahkan dalam menyampaikan pendapat sekalipun kita harus saling menghormati mereka yang mungkin berbeda pendapat dengan kita.

Tidak perlu memaksakan mana yang benar dan salah, karena sejatinya dunia ini berjalan karena adanya perbedaan.

Tidak semuanya harus sama dan rata, karena pelangi pun memiliki setiap warna yang berbeda-beda agar terlihat indah.

2. Rajin belajar

sumpah pemuda
Images via baruch.cuny.edu

Gapailah cita-citamu setinggi langit dengan rajin belajar, pantang menyerah dan bekerja keras.

Tidak ada suatu kesuksesan yang datang secara mudah, pasti ada pengorbanan yang harus ditukar dengan kesuksesannya kelak.

Begitu juga dengan belajar, diharapkan generasi muda dapat terus rajin dalam belajar dan menuntut ilmu, sehingga dapat menguasai bidang yang diminatinya dan berjuang untuk mengharumkan nama Indonesia.

3. Mendukung Indonesia dalam ajang kejuaraan dunia

sumpah pemuda
Images via bbc.com

Memberikan dukungan ini merupakan suatu bentuk semangat dan apresiasi bagi mereka (kontingen Indonesia) yang sedang berkompetisi di ajang kejuaraan dunia demi nama Indonesia.

Dengan begitu sedikit demi sedikit rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap Indonesia dapat tumbuh seiring dengan dukungan yang kita lontarkan.

Kemudian rasa bangga terhadap Negara kita Indonesia, juga akan tumbuh dengan sendirinya.

Kejuaraan-kejuaraan seperti olimpiade science, robotik, MTQ, bahkan dari cabang olahraga patut kita berikan apresiasi sebagai wujud dukungan demi mengharumkan nama Indonesia.

Dengan begitu mereka pun akan lebih bersemangat untuk berjuang demi Indonesia.

4. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar

sumpah pemuda
Images via Youtube.com/Wouter Corduwener

Penggunaan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah nya, sering kali kita lupakan.

Padahal semestinya kita, sebagai bagian dari Indonesia, bangga terhadap bahasa kita sendiri.

Di beberapa universitas luar negeri salah satunya adalah Hankuk University di Korea Selatan, mempunyai mata kuliah khusus Bahasa Indonesia.

Tentunya ini menjadi suatu kebanggaan sendiri bagi kita karena banyak orang yang ingin sekali mengenal budaya dan bahasa kita.

Ini adalah tugas kita para generasi muda untuk tetap melestarikan dan munjunjung tinggi bahasa serta budaya kita, agar tetap menjadi ciri khas Negara kita.

Sebagai pemuda pemudi Indonesia seharusnya kita dapat melakukan 4 hal tersebut untuk dapat memaknai hari bersejarah ini, yakni Sumpah Pemuda.

Seperti yang dikatakan oleh Ir. Soekarno “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”.

Hal tersebut bermakna bahwa pemuda merupakan sumber kekuatan bangsa yang mampu mengubah dunia dan masa depan bangsa.

Maka bertekad dan bersatulah kalian para pemuda, untuk terus bersatu, bertoleransi, mempertahankan budaya, dan berkarya demi Indonesia yang gemilang di masa depan. Sekian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 + 10 =