4 Olahraga yang Banyak Digemari Setelah Perhelatan Asian Games 2018

0
image via pixabay.com

Cerko.id – Taukah kamu tentang 4 Olahraga yang Banyak Digemari Setelah Perhelatan Asian Games 2018? yang kini makin popular?.

Perhelatan Asian games 2018 yang telah sukses di selenggarakan di Indonesia, Jakarta-Palembang ternyata hingga kini masih dirasakan euforia nya.

Telah berakhir sejak September lalu, Asian games memiliki pengaruh positif dalam menghidupkan olahraga-olahraga yang sudah lama tidak terdengar beritanya.

Banjir prestasi pada cabang olahraga ini menjadi alasan kembali populernya cabang olahraga ini di kalangan anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Apa sajakah olahraga yang banyak digemari setelah perhelatan Asian games 2018 itu? Simak artikel ini!

1. Skateboarding

image via pixabay.com

Bermain di atas papan seluncur dan melakukan beberapa gerakan free style merupakan hal yang sulit dilakukan, butuh keseimbangan dan keberanian untuk melakukannya.

Namun tidak disangka-sangka Indonesia memiliki peluang baik di cabang olahraga ini, Indonesia berhasil meraih 2 medali perak dan 2 medali perunggu saat itu.

Menariknya, 1 medali perunggu yang disumbangkan Indonesia diraih oleh Bunga Nyimas Cinta, seorang  gadis cilik berusia 12 tahun. Keren!

Prestasi ini ternyata berhasil membius masyarakat dan anak-anak muda untuk kembali mempopulerkan olahraga skateboarding ini.

Banyak komunitas skateboarding Indonesia yang saat ini fokus pada penyelenggaraan turnamen skateboard dan berlomba untuk dapat masuk ke Federasi Skateboard Indonesia (FSI).

2. Panahan

4 Olahraga yang Banyak Digemari Setelah Perhelatan Asian Games 2018
image via indosport.com

Olahraga yang membutuhkan konsentrasi dan ketepatan sasaran ini ternyata juga berhasil  mendapatkan hati di masyarakat.

Panahan menjadi olahraga yang digemari oleh masyarakat karena mampu melatih ketepatan sasaran dan fokus.

Selain itu panahan juga merupakan olahraga yang disukai Rasulullah, sehingga semakin banyak pula yang menggemari cabang olahraga ini.

3. Pencak Silat

4 Olahraga yang Banyak Digemari Setelah Perhelatan Asian Games 2018
image via ANTARA News

Olahraga satu ini merupakan perpaduan antara bela diri dan juga seni yang memiliki ciri khas olahraga ketimuran.

Pencak silat sebenarnya populer di Indonesia, namun prestasinya yang tersembunyi dari media membuat olahraga ini jarang dilirik masyarakat.

Pada perhelatan Asian games lalu, olahraga tradisional pencak silat ini menjadi yang pertama kali dipertandingkan.

Alhasil, Indonesia yang merupakan tuan rumah Asian games 2018 ini mampu meraih banyak medali pada cabang olahraga ini.

Prestasi yang luar biasa pada cabang olahraga ini membuka hati masyarakat untuk lebih mengenal dan meperhatikan cabang olahraga yang satu ini.

Dan kini terbukti semakin banyaknya anggota yang bergabung untuk belajar seni bela diri ini dan juga untuk melestarikannya.

4. Badminton (Bulu Tangkis)

4 Olahraga yang Banyak Digemari Setelah Perhelatan Asian Games 2018
image via Bola.com

The last but not least ada dari cabang olahraga badminton yang sudah tidak asing lagi di jajaran olahraga top dunia.

Prestasi yang ditorehkan oleh para atlet bulutangkis Indonesia di kancah internasional pun sebenarnya tidak diragukan lagi, banyak nama-nama yang diunggulkan di setiap  kategori.

Namun sayang, media lokal jarang mengekspos pertandingan-pertandingan internasional bulutangkis sehingga popularitas olahraga ini di mata masyarakat Indonesia sedikit meredup.

Pada perhelatan Asian games 2018 lalu, media lokal berlomba-lomba mengekspos kegiatan ini secara besar-besaran, hal ini lah yang membuat para atlet bulutangkis Indonesia semakin bersemangat untuk menunjukkan prestasinya.

Dibuktikan cabang olahraga ini berhasil mengumpulkan 2 medali emas dari nomor individual tunggal putra yakni diraih oleh Jonathan Christie dan satu lagi dari ganda putra terbaik Indonesia yakni Kevin Sanjaya Sukamuljo bersama Marcus Fernaldi Gideon.

Kemudian 2 medali perak juga disabet oleh tim beregu putra dan satu lagi dari nomor individual ganda putra yang diraih oleh Fajar Alfian bersama Muhammad Rian Ardianto.

Selanjutnya 4 medali perunggu pun berhasil di dapat dari tim beregu putri. Di nomor individual satu perunggu diraih pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad bersama Liliyana Natsir, kemudian dari ganda putri Greysia Polli bersama Apriyani Rahayu dan terakhir dipersembahkan oleh tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.

Torehan medali yang di dapat pada cabang olahraga bulutangkis ini menjadi euforia yang tidak terlupakan bagi bangsa Indonesia di penghujung acara perhelatan besar tersebut.

Itu dia cabang olahraga yang semakin populer setelah perhelatan Asian games 2018, semoga kepopuleran nya mampu terus diikuti oleh torehan prestasinya.

Diharapkan dengan banyak nya digemari oleh masyarakat, akan muncul generasi-generasi penerus yang dapat berprestasi untuk Indonesia kelak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − five =