4 Hal Yang Harus Kita Latih Selama Berada di Bulan Ramadan

0
4 Hal Yang Harus Kita Latih Selama Berada di Bulan Ramadan
Image via muslimsprayertimes.com

Cerko.id – Sudah tak terasa hari ini sudah memasuki hari yang ke-10 kita berpuasa di bulan Ramadan, semoga kita selalu diberikan kelancaran dalam berpuasa pada hari ini Aamin.

Berpuasa di bulan ramadan adalah suatu kewajiban bagi umat muslim dan juga merupakan salah satu rukun islam. Tapi, tahukah kamu siapakah orang yang paling beruntung di dalam bulan Ramadan ini?

Orang yang paling beruntung di bulan Ramadan ini adalah orang yang dapat memanfaatkan bulan ini sebagai bulan ‘Syahrul at tarbiyah’, atau sebagai tempat training atau pelatihan untuk umat muslim dalam menghadapi setiap cobaan dan godaan dalam kehidupan untuk sebelas bulan ke depan.

Tentu kamu sendiri sering mendengar tentang berbagai hikmah di bulan puasa ini dan salah satu dibalik hikmahnya adalah sebagai sarana mendidik dan melatih sikap dan perilaku kita.

Oleh karena itu, mari kita manfaatkan ramadan sebagai bulan untuk mendidik diri kita agar terus lebih baik lagi dalam beramal shaleh. Setidaknya ada 4 hal yang harus kita latih pada diri kita di bulan ramadan ini, sebagai berikut :

1Ramadan merupakan bulan untuk melatih kesabaran

Image via hadithoftheday.com

Saat kita berpuasa tentu kita sendiri tak hanya menahan lapar dan haus saja. Namun, kita sebagai seorang muslim tentu juga diuji dalam hal kesabaran dan emosi kita saat berpuasa.

Salah satu contohnya adalah menahan setiap emosi kita pada saat berpuasa dan segala perbuatan buruk lainnya yang bisa membatalkan puasa kita.

Harapan dari latihan di bulan ramadan ini tentu saja harus bisa kita bawa seterusnya pada kehidupan kita sehari-hari setelah bulan ramadan ini selesai.

2Ramadan melatih kita dalam hal kujujuran

Image via islamicity.org

Sikap dan perilaku jujur sekarang ini dianggap sebagai sesuatu yang langka dan bahkan kita sendiri pun termasuk orang yang dapat berubah-ubah setiap waktunya.

Oleh karena itu, setiap ramadan kita tentu selalu didik untuk bersikap jujur kepada diri kita sendiri dan meyakini bahwa allah akan selalu melihat dan mengawasi gerak gerik kita dimanapun.

Mungkin, jika kamu merasa sendiri dirumah dan tidak ada siapupun dirumah tentu hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk makan. Tapi, jika kamu memiliki sebuah keyakinan bahwa kamu tidak sendiri dan selalu ada yang mengawasi, tentu hal tersebut pasti tidak akan kamu lakukan.

Sikap jujur bukan hanya saja untuk berpuasa melainkan harus bisa tercermin pada kehidupan nyata kita setiap harinya.

3Ramadan melatih kita untuk selalu peduli terhadap sesama

Image via muslimaid.org

Di bulan ramadan ini mari kita latih diri kita untuk tetap selalu bisa berbagi terhadap sesama. Dengan kita memiliki sifat ini, yakinlah bahwa akan ada balasan bagi orang-orang yang suka sekali memberi dan berbagi, terutama di bulan ramadan ini.

Berbagi dalam segala hal tak perlu harus dengan uang, dengan berbagi makanan kepada tetangga disebelah kita, memberi makanan kepada orang yang berpuasa itu sama dengan kita sudah berbagi terhadap sesama.

Sebaliknya, untuk orang yang pelit, bakhil dan kikir akan jauh dari allah, jauh dari manusia, dan dekat sekali dengan api neraka.

4Ramadan juga melatih kita untuk selalu disiplin 

Image via pulse.ng

Selain itu bulan ramadan ini juga melatih dalam kedisiplinan. Dalam melaksanakan ibadah puasa, seseorang diharuskan bisa mengatur waktu untuk dapat bangun kembali di waktu sahur. Dan juga keteraturan hidup seseorang harus lebih baik.

Salah satu contoh kedisiplinan dalam hal kebersihan, seseorang tentu akan rajin dalam membersihkan mulutnya saat sesudah makan di waktu sahur ataupun berbuka.

Pada hakikatnya seluruh ibadah dalam islam selalu mendidik setiap muslim untuk menjadi muslim yang disiplin dalam perjalanan hidupnya.

Demikian dari 4 hal yang harus kita latih selama berada di bulan ramadan, semoga setelah mengalami latihan dalam waktu singkat di bulan ramadan ini , kita sebagai umat muslim dapat meraih derajat ketaqwaan sebagai salah satu ciri perubahan yang diharapkan. Aamiin…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten + 11 =